Galeri
Mechandise

Gereja HKBP Setu Bekasi Dirobohkan

Alat berat meropohkan dinding gereja HKBP Setu, Bekasi. (foto: http://id.berita.yahoo.com)


Sunday ,24 March 2013

Kategori : newsflash

Pemerintah Kabupaten Bekasi Jawa Barat mereobohkan Gereja HKBP Setu, di Jalan MT Haryono, Gang Wiryo RT 05 RW 02, Desa Tamansari, Kecamatan Setu, Bekasi, pada Kamis 21 Maret 2013.

Bangunan gereja itu dibongkar karena dianggap belum mengantongi Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Pembongkaran gereja setinggi lima meter dengan luas 20x16 meter persegi yang tengah dalam proses perluasan itu, dilakukan oleh Satpol PP Kabupaten Bekasi dan melibatkan unsur keamanan dari Polresta Kabupaten Bekasi serta Kodim 0507 Bekasi.

Eksekusi gereja tersebut berdasarkan Surat Keputusan Bupati Bekasi dengan nomor: 300/1171/Tib. Eksekusi gereja ini, merupakan puncak dari sikap pemerintah daerah terkait bangunan tidak berizin.

Pemkab Bekasi menyatakan gereja bagian dalam adalah bangunan resmi yang sudah digunakan sejak 1999 silam.Sementara bagian luar dianggap ilegal karena tidak memiliki izin.

Sebenarnya, tidak ada larangan bagi jemaat HKBP Setu untuk beribadah di tempat itu. Pasalnya, di peraturan SKB 2 Menteri disebutkan, rumah ibadah yang sudah digunakan sejak lama tidak boleh dibongkar.Meski belum ada izin, pemerintah setempat wajib membantu pengurusannya.

Seperti diketahui, Gereja HKBP Setu sebelumnya memang hanya mampu menampung 50 jemaat. Pada 2011 gereja dipugar untuk diperluas karena jumlah jemaat yang mengalami peningkatan hingga 400 orang. Namun sayang, upaya itu ditentang oleh Pemerintah Kabupaten Bekasi. (Redaksi) 


Berita lainnya


 


Kembali ke berita