Galeri
Mechandise

Peraih Yap Thiam Hien Award 2014 dan Pemenang Lomba Poster HAM


Wednesday ,10 December 2014

Kategori : Berita

Yap Thiam Hien Award tahun 2014 ini diberikan kepada Anis Hidayah yang mengabdikan hidupnya untuk memperjuangkan nasib buruh migran Indonesia. Saat ini, ia menjabat sebagai Direktur Eksekutif Migrant Care sejak Mei 2004.

Anis Hidayah terpilih sebagai peraih Yap Thiam Hien Award 2014 oleh Dewan Juri yang terdiri dari Dr. Makarim Wibisono (Diplomat Senior), Prof. DR. Siti Musdah Mulia, M.A., APU (Dosen di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta), Prof. Dr. Saparinah Sadli (Guru Besar Psikologi UI), Drs. Maria Hartiningsih (Jurnalis Senior Kompas), Dr. Aidir Amin Daud, S.G. M.H, DFM (Dirjen HAM, Kementerian Hukum dan HAM RI), Haris Azhar (Direktur KontraS) dan Dr. Todung Mulya Lubis (Ketua Yayasan Yap Thiam Hien) pada Sidang Dewan Juri yang dilaksanakan tanggal 27 November 2014 yang lalu.

Proses penentuan peraih Yap Thiam Hien Award 2014 diawali dengan mengumpulkan kandidat yang dihimpun dari masyarakat luas.  Anis merupakan salah satu kandidat dari 44 nama yang dikirimkan kepada Dewan Juri.  Alasan pokok Dewan Juri memilih Anis Hidayah karena kegigihannya yang melampaui batas dalam memperjuangkan buruh migran Indonesia.

Demikian pengumuman yang disampaikan oleh Todung Mulya Lubis, dalam jumpa pers di Hotel JS Luwansa, Jakarta, Selasa (9/12).

Bersamaan dengan Pengumuman Peraih Yap Thiam Hien Award 2014, dalam rangka memperingati Hari HAM Sedunia yang jatuh pada tanggal 10 Desember, Yayasan Yap Thiam Hien bersama International NGO Forum on Indonesian Development (INFID), dan Komisi untuk Orang Hilang dan Tindak Kekerasan (KontraS) juga telah menyelenggarakan “Lomba Poster HAM” dengan tema ‘Merawat Kemanusiaan untuk Indonesia Satu’ sejak bulan November yang lalu.

Dari hasil rekapitulasi dari 5 Juri yang terdiri dari Dolorosa Sinaga, Maria Hartingsih, Haris Azhar, Oscar Motuloh, dan Cecil Mariani menghasilkan keputusan:

Sementara 9 karya lain yang terpilih adalah:

1.  Akhsanul Fikri, dengan Judul Karya ‘Anak Jalanan

2.  Dany Pratama, dengan Judul Karya ‘Keberagaman - Ketuhanan yang Maha Esa’

3.  Ganjar Witriana, dengan Judul Karya ‘Kemanusiaan yang Adil dan Beradab

4.  Garna Raditya, dengan Judul Karya ‘Kalian Tidak Sendirian

5.  Garna Raditya, dengan Judul Karya ‘Meski Gelap Harus Diungkap

6.  M. Arif Tri Hadi, dengan Judul Karya ‘Tak Lekang oleh Waktu

7.  Rizaldi Fatah Sidik, dengan Judul Karya ‘Indonesia Satu

8.  Shinta Saragih, dengan Judul Karya ‘Perbedaan dalam Satu Genggam

9.  Teuku Muhammad Reza, dengan Judul Karya ‘Bangun Kebebasan Hak Asasi Manusia

Demikian yang juga disampaikan oleh Haris Azhar selaku perwakilan Juri Poster Lomba HAM bahwa, "Setiap orang mampu mengajak siapapun untuk mempopulerkan kreasinya terutama dalam konteks kemanusiaan dan hak asasi manusia, tegasnya".

Foto: Dokumentasi Yayasan

Dari 3 Karya Terbaik yang dipamerkan pada saat pengumuman tersebut, Yayasan Yap Thiam Hien akan menghadirkan ke-12 karya Lomba Poster tsecara lengkap pada Malam Penganugerahan Yap Thiam Hien Award yang akan dilaksanakan pada Januari 2015 mendatang. (Karya lengkapnya bisa check: disini). (Redaksi)





Berita lainnya


 


Kembali ke berita