Galeri
Mechandise

SENYAP pada HARI PAHLAWAN

Penanyangan film SENYAP (foto: ist)


Tuesday ,11 November 2014

Kategori : Artikel

Tepat 10 November 2014, Graha Bakti Budaya, Taman Ismail Marzuki dipadati anak muda dan para aktivis dari berbagai isu. Penayangan perdana film 'SENYAP' adalah film dokumenter kedua karya Joshua Oppenheimer. Film ini mengisahkan sosok pemuda bernama Adi Rukun sebagai penjual kacamata ialah adik kandung Ramli, yang semasa kakaknya dibantai dalam pergolakan sejarah 1965 saat ia belum lahir.

Ibu dan ayahnya yang masih hidup kini masih menderita atas kematian anak sulungnya yang dibantai karena dituduh komunis. Mereka masih mengingatnya dengan baik ketika anak sulungnya Ramli diseret oleh beberapa pemuda dari rumahnya, lalu diangkut dengan truk dibawa ke ladang pembataian.

Adi mendapat kisah kakaknya Ramli dari orang tuanya. Satu persatu Adi menemui pihak-pihak Si Algojo. Adi sesungguhnya telah melakukan proses yang selama ini telah dijalankan oleh aktivis pegiat HAM, rekonsiliasi. Dalam proyek rekonsiliasi, pekerjaan awal kita adalah berusaha meretas kebisuan-kebisuan yang telah diciptakan rezim Orde Baru selama puluhan tahun dan mengungkap kebenaran atas tragedi 1965.

Konstruksi sejarah yang dibentuk Orde Baru masih diwariskan sebagai sejarah resmi bangsa. Banyak orang bahkan anak muda yang tidak paham dan tidak mengenal kelamnya sejarah yang dibelokan demi kepentingan politik pemerintah saat itu. Tragedi 1965 masih menjadi luka bangsa yang belum disembuhkan sampai saat ini. (Redaksi)



Berita lainnya


 


Kembali ke berita