Galeri
Mechandise

FBLP Aksi Konvoi Tolak PHK Dan Upah Murah

Konvoi Tolak Inpres Upah Murah (foto: FBLP)


Wednesday ,02 October 2013

Kategori :

Federasi Buruh Lintas Pabrik (FBLP) mulai 28 September 2013 melakukan Aksi Konvoi sepeda motor keliling Jakarta. Demikian dikatakan Ketua umum merangkap koordinator lapangan (korlap) Aksi Jumisih kepada media.

Menurut Jumisih, aksi ini dilakukan dalam rangka sosialisasi tentang Perjuangan Upah Rp. 3,7 Juta, Perlawanan terhadap PHK yang melanggar ketentuan, dan Rencana MONAS (Mogok Nasional).

“Sasaran aksi dimulau dari kawasan Industri Pulo Gadung Jakarta Timur dan berakhir pada jam 13.00 WIB, kemudian menuju ke arah Sunter hingga kawasan Industri Ancol,” tambahnya.

Aksi ini dimulai dari pukul 07.00 hingga pukul 17.30 WIB. Titik kumpul aksi di sekretariat FBLP, Gang Mona Rt.009/005 No.27 Semper Barat Jakarta Utara.

“Agenda ini sekaligus sebagai dukungan untuk di selenggarakannya Konsolidasi Nasional Gerakan Buruh di Jakarta pada tanggal 30 September 2013,”paparnya Aksi ini juga dilakukan sebagai bentuk keprihatinan atas banyaknya ancaman PHK yang dilakukan oleh pengusaha di KBN, baik melalui bujukan mengundurkan diri, relokasi, dll.

Karena itu FBLP meminta agar setiap perusahaan mematuhi segala peraturan yang telah ada. Hal ini yang terjadi di PT. KyungSUNG, PT Makalot, Pt KH,Pt KANG, dll. Padahal KBN adalah usaha di bawah pengawasan BUMN yang notabene milik pemerintah. Artinya KBN & BUMN sudah selayaknya mendukung kehidupan buruh yang lebih baik.

“Silahkan saja Pengusaha memPHK atau relokasi, tetapi perusahaan harus melakukannya sesuai aturan. Jangan seenaknya saja, melakukan PHK atau relokasi, sementara perusahaan hanya membayar pesangon dibawah ketentuan”, papar Jumisih.

Bahkan karena PHK dan relokasi yang telah terjadi selama ini, maka FBLP menuntut pesangon 4 kali ketentuan.

“dan INGAT! kami juga tetap menuntut kenaikan upah minimal 50 % secara nasional, dan khusus di daerah2 yg upahnya sgt kecil, kami menuntut kenaikan 100 %”, pungkas Jumisih,

Ketua Umum FBLP Pngusaha&Pmerintah trs brupaya dg brbagai cara spy buruh TDK nuntut upah tinggi,upaya itu antara lain dg mngurangi buruh2 y bkrja di KBN, dg mem-PHK buruh tetap, memaksa pngunduran2 diri dg melanggar RUU,mmbubarkn Line/bagian, ancaman relokasi spy buruhx brsedia mngambil hak di bwh ktntuan normatif dll. (Redaksi)


Berita lainnya


 


Kembali ke berita